Sunday, June 3, 2012

SENAM KEGEL DASAR PADA WANITA

Kegel adalah suatu latihan otot dasar panggul Pubococcygeus (PC) yang semula dipergunakan untuk terapi pada perempuan yang tidak mampu mengontrol keluarnya urin.
Sebagian besar perempuan yang tak terlatih akan mengalami penurunan uterus akibatkelemahan dan penipisan otot PC. 



Untuk memperbaikinya maka diperkenalkan senam oleh Dr. Arnold Kegel sejak tahun 1945. Jika anda menginginkan kehidupan sex yang bagus, anda dapat (dan sebaiknya) melakukan senam Kegel. Anda sudah ataupun belum melahirkan, berapapun usia anda, bukanlah masalah. Anda akan mendapatkan berbagai manfaat senam Kegel DASAR ini, khususnya bagi VAGINA anda: 

• Membuat anda lebih mudah mencapai orgasme…(aduh senangnya?! )

• Membuat orgasme anda lebih kuat/lebih baik karena otot-otot yang anda latih adalah otot-otot yang terkait dengan orgasme   

• Membuat vagina anda lebih sensitive (anda akan merasakan sesuatu yang lebih) Saat penetrasi, vagina akan „meremas‟ penis pasangan, andapun akan merasakan pasangan anda „lebih masuk‟. Hal ini jelas akan meningkatkan kepuasan seksual anda.

• Mencegah turunnya kandungan dan kondisi incontinence (tidak dapat menahan nafsu)

• Membuat anda lebih mudah melahirkan dan setelah melahirkan, otot-otot anda akan lebih cepat pulih

• Bagi pasangan anda, akan dia temui sesuatu yang sungguh berbeda dari anda. “Jepitan” anda akan lebih kuat. Anda akan menarik dan meremas penis pasangan anda.(Wow…!) Pria lebih suka wanita dengan vagina yang kuat (bagi banyak pria, lebih penting vagina yang kuat daripada bentuk tubuh yang sempurna). Di beberapa budaya masyarakat, wanita melatih kekuatan vagina mereka untuk masa depan/suaminya. Andapun akan merasa bangga dengan kekuatan vagina anda (sebagaimana seseorangmengagumi bentuk tubuhnya)

• Anda dapat lebih mengendalikan „ranjang‟ sehingga hubungan intim terasa lebih mengasyikkan, menyenangkan, dan tentunya memuaskan…

Pertama anda harus mengetahui dulu dimana letak otot panggul atau disebut 
Pubococcygeus (PC) yang akan di kuatkan/ dikencangkan :
yaitu seperti anda menahan buang air kecil, 
ingat “seperti” ya... jadi BUKAN anda lakukan SAAT anda buang air kecil! (tentu tidak baik bagi ginjal anda!) 

Jika anda masih bingung, cobalah sebentar saat anda buang air kecil, tahanlah sesaat... nah anda akan merasakan otot sekitar vagina anda “mengencang” itulah yang dimaksud dengan mengencangkan otot panggul (PC). ingat menahan buang air kecil tidak saya anjurkan, saya hanya ingin menunjukkan pada anda yang masih bingung saja, jadi lakukan hanya untuk memahami saja.

Ok mari kita mulai....

Cara Berlatih KEGEL DASAR!

Pemanasan.
Kendurkan otot-otol perut, bokong dan paha atas se-rilek mungkin. Untuk memastikan otot-otot tersebut rilek, letakkan kedua tangan di atas perut. 
Jika perut tidak ikut bergerak ketika otot-otot dasar panggul/ Pubococcygeus (PC) dikontraksi, berarti gerakan Anda benar.

Kontraksi.
Kontraksikan otot-otot PC Anda dengan menarik ke dalam dan keras sekitar vagina, anus dan saluran kencing (uretra) seperti menahan air seni. Tujuannya untuk menemukan letak otot PC. Untuk mudahnya dapat melakukan latihan berikut: Ketika Anda ingin buang air kecil, tahanlah aliran air seni, lalu lepaskan kembali. Lakukan beberapa kali sehingga bisa merasakan benar letak otot PC lersebut.

Ulangan.
Setelah Anda mampu melakukan, mulailah berlatih sebanyak 10 kali ulangan. Setiap kali kontraksi, tahan selama tiga hitungan. Kemudian secara perlahan naikkan hitungan kontraksinya hingga Anda bisa menahan selama 10-15 hitungan, dengan istirahat selama 10 detik diantaranya. Jumlah optimum kira-kira 50-100 kali sepanjang hari, pagi, siang, sore dan malam.

Variasi.
Lakukan variasi untuk menghindari kebosanan dengan munggabungkan latihan otot-otot PC dengan latihan pengencangan otot-otot lain di sekitarnya, yaitu otot-otot perut, paha atas, dan otot bokong, dalam posisi berdiri, duduk atau berbaring.  

Catatan. 
Latihan Kegel dengan menahan air seni, disarankan hanya dilakukan pada saat awal berlatih. Gunanya untuk menemukan letak otot PC. Setelah itu sebaiknya jangan dilakukan lagi karena akan mengganggu pola kencing Anda dan tidak baik bagi kesehatan ginjal anda! Mudah dan hanya butuh beberapa menit setiap hari.Dan tidak seperti olahraga lainnya (jogging, berenang, latihan otot, dsb), anda tidak perlu mandi setelah melakukan senam Kegel. Hasilnya pun betul-betul dapat anda rasakan. 
Saat anda latihan, anda tidak boleh menggunakan otot perut, tungkai/kaki, punggung, dan pantat. Tarik nafas dalam-dalam dan perlahan..

Letakkan tangan anda di perut saat anda mengencangkan atau „meremas‟ ototpelvic/vagina.. Jika anda merasa otot perut anda bergerak, teruskan, tapi otot kaki dan pantat tidak boleh bergerak.  Anda dapat melakukan latihan kapanpun, dimanapun. Saat anda menonton TV, berbaring, menyetir mobil, duduk di sofa, selama hubngan intim (kencangkan otot vagina untuk mencapit penis pasangan, kemudian rilekskan), ketika menggosok gigi, saat bekerja, antri di ATM, menungu datangnya lift, ketika menunggu telepon tersambung, saat jogging,pokoknya lakukan kontraksi vagina setiap saat, mulai terbangun di pagi hari, dsb 
]Jika anda sudah terbiasa berolahraga, lakukan senam Kegel sebagai bagian olahraga anda.Disayangkan, beberapa wanita, mereka hanya merasa butuh olahraga untuk tubuhnya 
(dengan melakukan jogging, berenang, juga program pelangsingan tubuh) agar tubuhnya fit (dengan alasan kesehatan juga agar terlihat lebih menarik). Mengejar penampilan luar, sering mengabaikan  pentingnya senam Kegel untuk kecantikan „dalam tubuh”.

Sesungguhnya, kalau dibilang „agar lebih menarik‟ pasangan, jika itu datangnya dari dalam akan lebih bermakna, lebih penting daripada penampilan luar semata.  Ingat, fakta berbicara bahwa banyak pria lebih memilih wanita yang dapat menjaga vaginanya dibandingkan wanita dengan bentuk tubuh sempurna. Untuk mendapatkan otot vagina, anda harus tekun berlatih. Otot-otot vagina anda tida akan bertambah kuat hanya dalam semalam. Anda akan merasakan perubahan setelah melakukan latihan selama 3 minggu.Saat melatih vagina anda, otot anus tidak boleh ikut kencang. Memang mungkin agak sulit mengencangkan otot vagina secara terpisah, tetapi dengan berlatih beberapa kali, anda akan dapat merasakan perbedaannya. Jangan kuatir, meskipun anda tidak dapat melakukannya. Hal ini tidak akan menjadi masalah penting.  

Beberapa wanita yang memiliki bakat dan menaruh perhatian pada kekuatan vaginanya,menjadi ahli dalam menggunakan otot-ototnya selama hubungan sex, untuk meningkatkan kemampuan dan meraih pengalaman seksual yang hebat.

No comments:

Post a Comment